Hati-hati Sumber Penularan! Smartphone Covid-19

Penelitian tentang COVID-19 menunjukkan bahwa virus ini dapat hidup di berbagai benda dengan masa waktu yang bervariasi. Contohnya di kayu, kaca, plastik bahkan pada smartphone. COVID-19 bisa bertahan hidup selama 4-5 hari di media tersebut.

Virus ini cepat menyebar, pintar, dan ganas, makanya kita harus lebih cepat, lebih pintar, dan lebih berhati-hati dalam menghadapinya.

Masyarakat harus lebih waspada dengan benda-benda yang mereka pakai sehari-hari seperti smartphone.

Penelitian COVID-19 Terbaru

Penelitian terbaru mengatakan bahwa virus COVID-19 ini sanggup bertahan di gadget termasuk smartphone kita selama beberapa hari. Virus ini suka bersembunyi di lubang-lubang kecil ataupun di balik pelindung smartphone kita.

Setiap hari manusia selalu beraktivitas dengan smartphone atau gadget kita. Hampir setiap saat smartphone ada dalam genggaman kita, jadi kita tidak boleh menganggap sepele hasil penelitian tersebut.

Makanya kita harus selalu menggunakan plastic baik yang sekali pakai setiap hari ataupun plastic dengan gantungan (cover waterproof) untuk melindungi smartphone kita dari paparan virus COVID-19. Dan pada saat kita pulang kerumah, plastic tersebut harus kita bersihkan dengan alcohol 70% atau alcohol swab lalu kita membiarkannya di dalam mobil atau di tas kita.

Baca Juga: Informasi Valid Covid-19

Jangan pernah membawa plastic tersebut ke ruang makan, ruang keluarga tempat berkumpul, apalagi ke kamar tidur kita. Setelah melepaskan plastic tersebut, kita wajib mencuci tangan 6 langkah WHO selama 20-30 detik. Kemudian tangan dikeringkan, lalu kita bersihkan gadget kita dengan menggunakan alkohol swab dan keringkan.

Virus COVID-19 ini mudah masuk ke tubuh kita melalui tangan yang memegang daerah wajah kita, baik itu mulut, hidung, maupun mata kita.

Makanya salah satu upaya pencegahan kita yaitu dengan menghindari memegang wajah kita baik mulut, hidung, maupun mata kita, serta mengurangi memegang smartphone kita bila tidak betul-betul perlu. Selalu ingat untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang wajah, makan, ataupun minum.

Demikian penjelasan singkat seputar informasi covid-19 sebagai bentuk tetap waspada namun tetap rasional dalam menyikapinya yakni sesuai dengan protoko kesehatan yang telah ditetapkan.

*Ditulis oleh Prof. Dr. dr. Starry.H.Rampengan, Sp.JP(K)

5 / 5 ( 2 votes )