Candidiasis Moniliasis : Penjelasan, Penyebab & Gejala

Candidiasis, atau kandidiasis, adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Jamur ini biasanya hadir di dalam tubuh manusia tanpa menimbulkan masalah, tetapi ketidakseimbangan lingkungan dalam tubuh dapat memicu pertumbuhan yang berlebihan dan menyebabkan infeksi. Infeksi ini dapat memengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk mulut, tenggorokan, saluran pencernaan, kulit, dan area genital.

Penyebab Candidiasis

Candida albicans merupakan organisme yang normalnya ditemukan di dalam tubuh manusia, terutama di mulut, usus, dan area genital. Faktor-faktor tertentu, seperti penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh, penggunaan antibiotik yang berlebihan, atau kondisi medis tertentu seperti diabetes, dapat menyebabkan pertumbuhan berlebihan dari jamur ini.

Gejala Candidiasis

Gejala candidiasis bervariasi tergantung pada lokasi infeksi. Pada infeksi mulut (thrush), gejalanya dapat mencakup rasa sakit atau kesulitan menelan, bercak putih di lidah atau di dalam mulut, dan perubahan rasa pada makanan. Pada infeksi genital, gejalanya bisa meliputi gatal, nyeri saat buang air kecil, dan perubahan pada cairan vagina.

Diagnosis dan Pengobatan

Diagnosis candidiasis biasanya dilakukan melalui pemeriksaan fisik dan anamnesis pasien. Dokter mungkin juga melakukan tes laboratorium, seperti kultur jamur, untuk memastikan diagnosis. Pengobatan umumnya melibatkan antijamur seperti fluconazole atau miconazole, yang dapat diberikan dalam bentuk krim, supositoria, atau obat minum.

Pencegahan Candidiasis

Untuk mencegah candidiasis, menjaga kebersihan pribadi sangat penting. Ini melibatkan mencuci tangan secara teratur, menjaga kulit tetap kering, dan menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Penggunaan antibiotik sebaiknya hanya dilakukan sesuai petunjuk dokter, dan menjaga kekebalan tubuh dengan pola makan sehat dan gaya hidup aktif juga dapat membantu mencegah pertumbuhan berlebihan dari Candida albicans.

Ketidaknyamanan Psikologis

Selain gejala fisik, candidiasis juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan psikologis pada individu yang terinfeksi. Rasa gatal dan nyeri dapat memengaruhi kualitas hidup sehari-hari, dan efeknya dapat dirasakan secara emosional. Oleh karena itu, dukungan sosial dan konsultasi dengan profesional kesehatan mental dapat membantu mengatasi aspek psikologis dari infeksi ini.

Referensi:

  1. Centers for Disease Control and Prevention. “Candidiasis.” https://www.cdc.gov/fungal/diseases/candidiasis/index.html
  2. Mayo Clinic. “Candidiasis.” https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/candidiasis/symptoms-causes/syc-20350939

Informasi jadwal dan layanan dokter yang cantumkan merupakan data terakhir saat artikel ini ditulis, jika terjadi perubahan harap infokan kepada kami melalui komentar atau email, secepatnya akan kami update. Kami sarankan untuk menghubungi nomor kontak yang tersedia pada layanan untuk memverifikasi jadwal dan layanan yang terbaru.

Bagikan:

Zuwai adalah seorang penulis blog yang penuh semangat, dengan hasrat mendalam terhadap berbagai topik. Melalui tulisannya, dia berbagi wawasan dan pengetahuan tentang kesehatan dan pendidikan. Ia selalu berusaha menyuguhkan informasi yang informatif dan inspiratif kepada para pembacanya. Dengan pengalaman dan ketertarikan yang beragam, ia berkomitmen untuk terus menginspirasi dan memberikan pandangan yang segar kepada para pembaca setia blognya.

Tinggalkan komentar